04 Mei 2008

Sifat Qiyamuhu Binafsihi

Wahai diriku, fahamilah bahwa Alloh itu mandiri. Alloh tak membutuhkan hamba-Nya untuk melakukan apapun. Alloh Yang Maha Adil tak membutuhkan pertimbangan selain-Nya. Karena tak ada selain-Nya yang mampu memberikan pertimbangan yang lain dari pertimbangan-Nya. Sesungguhnya semua selain Alloh adalah mahluk, dan semua pertimbangan yang terlahir dari akal dan hatinya adalah pertimbangan yang diciptakan oleh Alloh. Alloh mengetahui semua bentuk pertimbangan mahluk yang diciptakan-Nya. Maka bagaimana Alloh butuh kepada selain-Nya dalam memutuskan suatu keputusan.

Jangan engkau menyombongkan dirimu kepada Alloh. Karena Alloh tak merasa rugi jika kehilangan kamu. Sadarlah, bahwa kamu akan merasa rugi kalau Alloh jauh dari dirimu. Sebab kamu tak beroleh perlindungan yang kokoh dari kejahatan yang diciptakan Alloh sebagai ujian bagi keimananmu. Sesungguhnya Alloh, sebaik-baiknya tempat perlindungan. Kepada-Nya semua mu’min berlindung dan bertawakal. Sesungguhnya Alloh Maha Kuasa Dan Kasih kepada hamba-hamba-Nya.

Wahai diriku, jika engkau menganggap bahwa selain Alloh masih mendatangkan maslahat dan mampu menyingkirkan madharat, sesungguhnya kamu berada dalam kebodohan yang nyata. Allohlah yang kuasa memberikan kemaslahatan kepada hamba-hamba-Nya dan menjauhkan kemadharatan dari hamba-hamba-Nya. Jadi janganlah engkau termasuk orang-orang yang rugi. Berusahalah untuk keluar dari kerugian dengan mengharap pertolongan-Nya. Dan jadilah kamu sebagai orang yang berdiri hanya dengan Alloh saja, tidak dengan lainnya. Cukuplah engkau menghadapkan wajahmu kepada Alloh, niscaya semua selain-Nya menghadap kepadamu. Dan apa yang kau butuhkan selain darimu, Alloh pilihkan dan datangkan dengan penuh cinta dan keridlaan.

Janganlah kamu bergantung dan mengharapkan selain-Nya. Bergantunglah kepada Alloh. Ketahuilah bahwa hanya Alloh yang faham benar keperluan kita. Oleh sebab itu, serahkan semuanya kepada Alloh. Kebaikan atau keburukan yang kita lihat di hadapan, maka mintalah bimbingan Alloh agar engkau bisa menghadapi semuanya dengan benar dan selamat. Hanya Allohlah sebaik-baiknya pembimbing. Alloh adalah penolong mu’min, yang mengeluarkan mereka dari kegelapan menuju cahaya. Sementara penolong kafirin adalah thoghut, yang mengeluarkan mereka dari cahaya menuju kegelapan. Naudzubillah.

Larilah kamu menuju Alloh, karena Alloh tak membutuhkanmu dan engkau membutuhkan-Nya. Jikalau engkau menghadapkan wajah kepada-Nya, niscaya Ia akan memberikan yang lebih baik dari apa yang bisa kita hadapkan kepada-Nya. Selemah apapun kita dalam menghadap-Nya, sesungguhnya Ia menyediakan lebih dari sekedar menghadapkan wajah-Nya kepada kita. Ia akan mengaruniai kita kekuatan tambahan untuk bisa menghadap-Nya lebih baik lagi.

Maka sadarlah hamba Alloh, sesungguhnya keberuntungan tengah menyelusup kepada dirimu, tatkala engkau diberikan hasrat di hati untuk pergi menuju atau kembali kepada-Nya. Barangsiapa yang pandai menjaganya hingga ia bertambah dan membuat keadaan dan perhubungan kita dengan Alloh lebih baik dari hari kemarin, sesungguhnya kita mendapat keberuntungan yang nyata. Maka manakah yang baik, dekat dengan Alloh atau jauh dari Alloh ?.

Tidak ada komentar: