04 Mei 2008

Qadha Alloh Atas Mahluk-Nya

Wahai hamba Alloh, sesungguhnya kamu itu bergerak di atas tali takdir-Nya. Kamu tak bisa lepas dari takdir-Nya. Oleh sebab itu berharaplah kepada Alloh agar kamu diselamatkan-Nya dari ketentuan yang mendatangkan beban berat yang tak sanggup engkau pikul, yakni siksa neraka yang keras. Semoga kamu dengannya mendapat apa yang kau hasrati. Dan hasratmu itu merupakan pertanda telah ditetapkannya apa-apa yang kamu hasrati sebelum engkau tercipta.

Bersyukurlah kepada Alloh, tatkala Alloh menjadikan dirimu ikhlas berdo’a untuk kebaikan dirimu. Karena dengannya Alloh telah berbuat baik kepada dirimu. Sebab mungkin saja apa yang engkau kehendaki telah Alloh tetapkan di masa lalu. Dan Alloh hendak mengisyaratkan kedatangan karunia-Nya itu dengan menjadikan engkau berdo’a akan hal tersebut kepada diri-Nya.

Sebaliknya menangislah kamu apabila kamu tak menemukan dirimu berdo’a kepada-Nya. Sebab do’a itu isyarat datangnya karunia-karunia kepada dirimu. Bila engkau tak menemukan khabar datangnya karunia, maka bagaimana engkau akan mendapatkan hiburan di dalam perjuanganmu. Sesungguhnya pemberian Alloh itu merupakan hadiah yang menghibur di kala kita berkecimpung dalam perjuangan hidup. Sesungguhnya, hadirnya karunia Alloh merupakan kebahagiaan hidup. Dan isyarat kedatangannya merupakan penyemangat hidup dan ikatan kasih. Maha Suci Alloh, tak ada cinta yang lebih indah selain cinta hamba kepada Tuhannya.

Tidak ada komentar: