04 Mei 2008

Dzat Pencipta

Wahai diriku, ketahuilah bahwa sebelum kamu ada dan semua mahluk ada, Alloh itu telah ada. Alloh Yang Maha Awal Dan Yang Maha Akhir tak terbatas oleh waktu, sehingga batallah pertanyaan kepan Alloh ada atau kapan Alloh tiada ?. Sebab Alloh akan selalu ada dan tak pernah tiada. Tak ada selain Alloh yang bisa melakukan apapun, sebab selain Alloh mampu melakukan apapun adalah karena dimampukan oleh Alloh. Maka mustahil selain Alloh mampu meniadakan Alloh.

Sesungguhnya Alloh Maujud tanpa Pewujud. Sementara kita dan mahluk lainnya, maujud oleh sebab diwujudkan Alloh. Dan sadarlah wahai diriku, bahwa pewujud kita itu adalah Alloh yang tak ada selain-Nya yang mewujudkan diri-Nya. Maha Suci Alloh, tiada Tuhan selain Ia. Dzat Yang Maha Esa lagi Maha Kuasa.

Aloh Yang Maha Sempurna tersebut, tak kenal istilah kemahlukan. Oleh sebab itu, jika engkau bertanya tentang Alloh yang berkaitan dengan sesuatu yang menyebabkan Alloh nampak membutuhkan selain-Nya, maka engkau telah bertanya bukan tentang Alloh Tuhan kita. Jika engkau ingin mengenal Alloh dengan jalan mengajukan pertanyaan, maka sucikan Alloh dari sifat-sifat kemahlukan. Karena tak berfaidah usahamu mencari Alloh, apabila engkau menjejaki jalan menuju mahluk-Nya dan bukan jalan menuju Alloh. Bagaimana engkau akan sampai kalau engkau hendak menemui-Nya dengan menggunakan jalan bukan kepada-Nya. Sesungguhnya Alloh memberi petunjuk kepada siapa yang dikehendaki-Nya dan mencabutnya dari siapa yang dikehendaki-Nya.

Jika engkau benar-benar ingin kenal siapa Tuhanmu, maka tanyakanlah kepada Alloh dengan cara yang benar. Penuhi adab kepada-Nya, dan jangan engkau menyekutukan-Nya dengan selain-Nya. Besarkan Ia dengan mengagungkan-Nya di dalam hati melalui dzikir dan do’amu. Bukalah pintu kepada-Nya dengan pensucian niat serta hasratmu kepada-Nya. Tak ada yang sampai kepada-Nya selain mereka yang pergi menuju-Nya tanpa memandang selain-Nya mampu memberikan apa-apa yang hanya mampu diberikan Alloh SWT kepada dirinya. Siapa yang telah benar-benar yakin dan pasrah sehingga tak menganggap sesuatu lebih kuasa selain Alloh, maka ia akan disambut oleh mahluk-mahluk-Nya dan akan dibawa dirinya menuju mahligai-Nya, untuk berkenalan dengan-Nya melalui ayat keagungan dan cinta-Nya.

Tidak ada komentar: